pict : dfwhcfoundation.org Sebelum kita melangkah pada pembahasan tentang DDL, DML, dan DCL pada MySQL, kita harus tau dulu apa sih My...

Data Definition Language (DDL), Data Manipulation Language (DML), dan Data Control Language (CDL) pada MySQL

pict : dfwhcfoundation.org

Sebelum kita melangkah pada pembahasan tentang DDL, DML, dan DCL pada MySQL, kita harus tau dulu apa sih MySQL itu??? Karena DDL, DML, dan DCL itu merupakan bagian dari MySQL.
            Menurut id.wikipedia.org MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratisdibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
            Jadi MySQL merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan data secara terstruktur, seperti data-data keuangan, Struktur organisasi sebuah perusahaan, data pelanggan sebuah perusahaan dan lain-lain.
            Nah sekarang baru kita mulai pembahasan tentang DDL, DML, dan DCL pada MySQL :
1.     Data Definition Language (DDL)
Pada MySQL DDL ini digunakan untuk medefenisikan objek-objek pada database, seperti membuat table dan view. Tidak hanya untuk mendefenisikan, tapi DDL juga bisa berfungsi untuk mengubah, menghapus objek-objek pada basis data.

2.     Data Manipulation Language (DML)
DML ini pada MySQL dugunakan untuk memanipulasi data yang akan dimasukkan kedalam database, seperti Insert/Memasukkan data, Select/Memilih data, Update/Memperbarui data, dan Delete/Menghapus data. Untuk diketahui bahwa DML ini hanya bisa digunakan untuk manipulasi data saja, untuk membangun sistem dan membuat objek database diperlukan perintah DDL.

3.     Data Control Language
Sesuai dengan namanya “Control”, DCL pada MySQL digunakan sebagai alat untuk mengontrol database atau mengamankan database, selain itu dengan menggunakan DCL ini kita bisa membatasi hak akses bagi siapa yang ingin melihat data nya, dan juga kita bisa mencabut hak akses dari user yang semula di ijinkan untuk bisa mengaakses database..



Nah itu dia pengertian dan DDL, DML, dan DCL pada MySQL, untuk contoh penggunaannya akan dibahas pada postingan berikutnya J .

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.