Acces point keluaran cisco mempunyai beberapa series Kali ini ane mau berbagi cara konfigurasi access point series 1600.  Untuk penampa...

Cara Konfigurasi Access Point Cisco Aironet Series 1600

Acces point keluaran cisco mempunyai beberapa series

Kali ini ane mau berbagi cara konfigurasi access point series 1600. Untuk penampakan accsess point nya seperti gambar dibawah ini :
bagian depan

bagian belakang

Untuk melakukan konfigurasi access point series ini dari awal sampai akses point ini dapat difungsikan untuk mengakses jaringan internet tanpa kabel dilakukan dalam 2 proses, yang pertama konfigurasi dengan cara console (untuk dimana letak port console pada access point nya bisa dilihat pada gambar diatas bagian belakang), port nya dihubungkan dengan kabel serial, 1 ujuang kabel dihubungkan ke access point dan ujung kabel lainnya yang berbentuk USB dihubungkan ke PC atau Laptop, proses konfigurasi menggunakan aplikasi “Putty”. Dan proses selanjutnya yaitu mengatur web base dari access point itu sendiri, proses ini baru dapat dilakukan jika access point nya sudah diberi IP Address.

Pada kesempatan ini ane akan berbagi cara konfigurasi menggunakan kabel console.
Langkah pertaman adalah masuk ke aplikasi putty nya. ( untuk cara pengoperasian aplikasi putty ini teman2 bisa berguru ke mbah google hehe )

Setelah sampai di halaman putty nya, ketikan perintah enable untuk memulai konfigurasi pada access point, atau biasa nya disingkan dengan en seperti pada gambar dibawah :


Teman2 akan diminta untuk memasukkan password, untuk password previlege atau password default access point nya adalaha “Cisco” (itu kalau teman2 belum pernah ganti password defaultnya)

Setelah masuk dengan password nya, ketikan syntax conf t
Setelah itu kita ganti hostname dari access point nya, hostname merupakan nama access point yang nantinya digunakan untuk mengakses web base dari access point nya.

Caranya dengan mengetikkan syntax hostname namahostname, contoh :  ap#hosname eladoktarizo

selanjutnya berikan IP Default Gateway pada access point dengan mengetikkan ip default-gateway ip nya, contoh eladoktarizo#ip default-gateway 10.72.69.1

selanjutnya berikan IP address pada access point, sebelum memasukkan syntax untuk memberikan IP address pada access point, ketikkan dulu syntax int BVI 1 . setelah itu baru berikan IP Address pada access point dengan mengetikkan syntax ipaddress ip address nya, contoh : eladoktarizo#ip address 10.72.69.6

selanjutnya ketikkan syntax no ip route-chace

selanjutnya ketikkan syntax exit

selanjutnya ketikkan syntax write memory untuk menyimpan hasil settingan teman2.

karena access point nya sudah dikasih ip, teman2 sudah bisa untuk mengakses web base dari access point nya.
sebelumnya teman2 mesti menghubungkan sebuah kabel ethernet dari access point ke laptop teman2. Barulah setelah itu teman2 bisa  setting web base nya.

Masukkan IP address yang sudah teman2 setting ke jendela web browser, setelah itu masukan hostname yang sudah teman2 set pada access point nya, passwordnya adalah password default selama teman2 belum menggantinya. Kira2 begini penampakan dari web base nya teman2..

sekian teman2, semoga bermanfaat, dan mohon koreksi nya jika ada kesalahan ^_^