haloo bloggers, kali ini mau berbagi tentang bagaimana cara mengetahui IP Private pada PC atau Laptop, sebelum melangkah lebih jauh, alan...

Cara Mengetahui IP Private PC atau Laptop


haloo bloggers, kali ini mau berbagi tentang bagaimana cara mengetahui IP Private pada PC atau Laptop, sebelum melangkah lebih jauh, alangkah lebih baik jika ane sebutkan dulu pengertian IP itu apa sih??

referensi pengertian IP  ini ane dapatkan di wikipedia.com ,
menurut wikipedia.com IP Adress atau Internet Protocol Address itu adalah deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

jadi dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa IP Address merupakan alamat identifikasi komputer pada jaringan internet teman2.

ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui berapa IP Address dari perangkat PC atau Laptop ketika terhubung ke internet, tapi pada kesempatan kali ini ane mau berbagi cara mengetahui IP Address PC atau Laptop mengguakan Command Promp atau biasa disingkat dengan "cmd".

untuk membuka jendela command promp (untuk selanjutnya disingkat "cmd") pada PC atau Laptop anda juga ada beberapa cara, yang pertama dengan menekan tombol windows + r  pada keyboard, dan menuliskan tulisan cmd atau command promp pada tempat teks, lalu klik OK, maka proses akan menuju langsung ke jendela cmd. cara kedua untuk masuk ke jendela cmd adalah dengan menekan tombol windows pada keyboard dan search "cmd" maka akan tampil pilihan menu cmd, dan klik menu itu, dan proses akan menuju ke jendela cmd.


gambar dibawah ini merupakan tampilan ketika sudah masuk ke jendela cmd.
untuk mengetahui berapa IP Private PC / Laptop komputer ketika terhubung ke jaringan, kita perlu mengetikkan syntax ipconfig pada  cmd. dan proses akan terjadi dan cmd akan menampilkan IP Address PC atau Laptop kalau sudah terhubung ke jaringan.


jika belum terhubung ke jaringan dan teman2 mencoba untuk mengetahu IP Private PC atau laptop dengan syntax seperti diatas, maka atan tampil tulisan seperti gambar dibawah, karena PC atau Laptop teman2 belum terhubung ke jaringan. jadi teman2 harus menghubungkan PC atau Laptop teman2 ke jaringan dulu, bisa jaringan Wi-Fi, LAN, atau Ethernet.


jika PC atau Laptop teman2 sudah terhubung ke jaringan Wi-fi, LAN, atau Ethernet, maka ketika teman2 mengetikan syntax ipconfig pada halaman cmd, maka akan ditampilkan tulisan seperti gambar dibawah. gambar dibawah merupakan IP Address Laptop ane, jaringan yang ane gunakan saat ini adalah jaringan Wi-Fi, maka IP Address yang ditampilkan adalah pada bagian Wireless adapter Wi-Fi.

sekian info dari ane teman2 blogger, semoga bermanfaat, mohon kritik dan sarannya dan koreksi jika ada kesalahan pada postingan yang ane buat. ^_^ .

2 comments:

  1. Gan itu ip kita sama ip orang lain yg mana yaa?._.

    ReplyDelete
  2. ip kita yang 1pv4
    yang agan maksud dengan ip orang lain gimana gan?
    adanya default gateway tempat ip komputer kita terhubung

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.