pict : www.dfe.com Halo blogger, kali ini kita akan sedikit berbicara tentang sisem kendali yang digunakan oleh perangkat komput...

Sistem Loop Terbuka dan Loop Tertutup pada Sistem Kendali


pict : www.dfe.com

Halo blogger, kali ini kita akan sedikit berbicara tentang sisem kendali yang digunakan oleh perangkat komputer dalam melakukan operasi. Perangkat yang dimaksud disini adalah perangkat yang bekerja menggunakan motor penggerak, seperti : pendingin ruangan, rice cooker, mesin cuci, pemanggang roti dan lain-lain.

Pernahkah rekan-rekan blogger mengamati bagaimana bisa sebuah rice cooker bisa memasak nasi?? Bagaimana bisa alat ini menentukan kapan nasi itu sudah matang atau belum?? Bagaimana kah cara alat ini bekerja?? Nah,,, disini kita akat mencoba mengupas kulit permasalahannya (emang buah ya di kupas????) oke lanjut yaaaaa... J

Dalam hal ini, seperti contoh diartas dapat kita tarik sebuah hipitesis bahwa rice cooker tersebut menggunakan sebuah sistem yang bisa mengendalikan dan mengontrol kinerja nya, sehingga rice cooker bisa memasak nasi sampai matang, tanpa harus kita amati. Kita hanya perlu menunggu sampai ada suara dari rice cooker yang menandakan nasinya sudah matang....

Balik lagi ke topik,,,,,,, J ada 2 jenis Sistem Kendali yang digunakan atau ditanamkan pada alat-alat elektronik yang berfungsi ketika alat itu beroperasi, apakah itu?? Yaitu Sistem Kendali loop terbuka dan Sistem Kendali loop tertutup...

1. Sistem Kendali LoopTerbuka
Sistem kendali Loop Terbuka  adalah Ssitem Kendali yang kinerjanya tidak berpengaruh terhadap keluarannya atau tidak berpengaruh terhadap umpan balik dari prosesnya. Sistem Kendali Loop Terbuka Menggunakan peralatan penggerak untuk mengontrol proses secara langsung.
Ada beberapa Keuntungan yang akan kita dapatkan dari penggunaan Sistem Kendali Loop Terbuka ini, diantaranya yaitu :
-       Sederhana
-       Lebih mudah digunakan
-   Dapat digunakan jika ada hubungan antara keluaran dan masukkan dan    tidak akan memepengaruhi proses internal dan eksternalnya.

Contoh dari Sistem Kendali Loop Terbuka adalah Prinsip Kerja :

Pemanggang Roti / Toaster.
Mengapa Toaster dikatakan sebagai alat yang menggunakan Sistem Kendali Loop Terbuka??.
Karena prinsip kerja dari pemanggang roti hanya memanaskan roti yang dimasukan yang berperan sebagai inputan, dan memproses roti tersebut dengan memanaskannya dan akhirnya keluar roti yang udah panas / matang, tapi pada pelaksaan proses pemanggangan roti, toaster tidak memberikan pilihan seberapa matang roti yang akan keluar setelah dipanaskan, Toaster hanya bekerja untuk memanaskan roti tanpa mengatur tingkat kepanasan daari roti yang dipanggang.
           
Mesin Cuci.
            Mengapa mesin cuci dikatakan sebagai alat yang menggunakan Sistem Kendali Loop Terbuka??
            Prinsip kerja dari mesin cuci adalah ketika pakaian kotor dimasukkan kedalam mesin cuci, maka motor mesin akan mendeteksi berat pakaian dan menentukan volume air serta waktu cuci nya, tetapi mesin cuci tidak bisa menentukan seberapa bersih pakaian itu akan di cuci. Ketika waktu pencucian sudah habis maka air sisa pencucian akan dikeluarkan dan pintu mesin akan terbuka, tetapi kembali lagi, mesin cuci tidak bisa menentukan seberapa bersih pakaian itu akan dicuci, atau seberapa banyak kotoran yang terdapat pada pakaian itu.

2. Sistem Kendali Loop Tertutup
Sistem Kendali Loop Tertutup adalah Sistem Kendali Yang kinerjanya memiliki pengaruh terhadap keluarannya, dan memiliki umpan balik terhadap proses yang berjalan.

Salah satu contoh dari Sistem Kendali Loop Tertutup adalah prinsip kerja pada :

Smoke Detector.
Bagian yang terdapat didalam Smoke Protector adalah :
1.                  Pendeteksi / protector
2.                  Bel dan Suara / alarm
3.                  Lampu tanda
4.                  Sinyal pengendali
5.                  Tombol reset
6.                  Name plate

Pada Smoke detector ini yang menjadi inputannya adalah Asap dan suhu tinggi, sedangkan yang akan menjadi outputnya adalah bunyi alarm. Prinsip kerja dari Smoke detector ini yaitu apabila alat mendeteksi adanya sinyal  tanda-tanda asap dan suhu tinggi, maka alat akan memproses sinyal tersebut dan akhirnya memberikan tanda berupa bunyi sirine.
                        Alat ini dikatakan sebagai alat jyang menggunakan sistem kendali loop tertutup karena saat alat ini melakukan pekerjaan, apabila masih ada asap yang terdeteksi, maka dia akan terus bekerja dan meningkatkan kinerjanya sebagai umpan balik dari kinerja alat ini sampai asap itu benar-benar lenyap.

Automatic Magic Jar (Pemasak Nasi Otomatis)
Pada Automatic Magic Jar, keluaran yang diinginkan adalah nasi yang matang, untuk mencapai tingkat kematangan sempurna, ketika beras dimasukkan beserta air secukupnya, maka Automatic Magic Jar ini akan menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tingkat kematangan sempurna dari nasi dan berapa suhu maksimal yang diharapkan untuk mencapai kondisi tersebut.
Ketika nasi sudah matang, maka Automatic Magic Jar akan memberi kode berupa bunyi, dan keluarnya uap dari lubang penutupnya yang menandakan nasinya udah matang

Nah..... masih banyak lagi contoh alat yang menggunakan sistem kendali terbuka dan tertutup ini.. semoga bermanfaat sob.. J

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.