pict: blog.digilentinc.com Gerbang Logika NOT (Inverter) Gerbang logika NOT merupakan Gerbang Logika yang memiliki banyak input, teta...

Gerbang-gerbang Logika

pict: blog.digilentinc.com

Gerbang Logika NOT (Inverter)
Gerbang logika NOT merupakan Gerbang Logika yang memiliki banyak input, tetapi hanya memiliki 1 output. Gerbang NOT akan menghasilkan keluaran yang berlawanan dengan masukan atau inputnya. Jika input bernilai 1 maka outputnya akan bernilai 0 dan begitu juga sebaliknya, output akan bernilai 1 jika outputnya bernilai 0.

Tabel kebenaran Logika NOT
Input
Output
1
0
0
1

Gerbang Logika AND
Gerbang logika AND merupakan Gerbang Logika yang bisa memilii banyak inputan tetapi hanya memiliki 1 output. Sifat dari otuput Gerbang Logika AND adalah jika kita ingin menghasilkan output yang bernilai tinggi (1), maka semua inputan harus bernilai tinggi (1), jika salah satu inputan atau semua inputan bernilai rendah (0), maka output yang dihasilkan juga akan rendah (0).
Tabel Kebenaran Gerbang AND
Input
Output
1
1
0
0
1
0
1
0
1
0
0
0


Gerbang Logika OR
Gerbang Logika OR merupakan Gerbang Logika yang memiliki ouput benilai 1 / tinggi jika salah satu atau semua inputan bernilai 1 / tinggi, apabila semua masukan bernilai 0 /  rendah, maka outputnya akan bernilai 0 / rendah.

Tabel Kebenaran Logika OR
Input
Output
1
1
0
0
1
0
1
0
1
1
1
0

Gebang Logika NAND
Gerbang Logika NAND atau NOR-AND merupakan gerbang logika yang memiliki ciri-ciri kebalikan dari gerbang AND, jika pada gerbang  AND akan menghasilkan output 1 apabila semua inputanya 1, pada Gerbang Logika NAND akan menghasilkan output 0. Gerbang Logika NAND akan menghasilkan output 1 apabila salah satu atau semua inputannya bernilai 0.

Tabel Kebenaran Gerbang Logika NAND
Input
Output
1
1
0
0
1
0
1
0
0
1
1
0

Gerbang Logika NOR
Gerbang Logika NOR atau NOT-OR merupakan kebalikan dari Gerbang Logika OR. Pada Gerbang Logika OR akan menghasilkan output 1 apabila salah satu atau semua masukan bernilai 1. Sebaliknya pada Gerbang Logika NOR, apabila salah satu atau semua masukan bernilai 1 akan menghasilkan output 0. Gerbang Logika NOR akan memiliki output 1 apabila semua inputan bernilai 0.

Tabel Kebenaran Gerbang Logika NOR
Input
Output
1
1
0
0
1
0
1
0
0
0
0
1

Gerbang Logika X-OR
Gerbang Logika X-OR atau Exceutive OR merupakan gerbang logika yang menghasilkan output 1 apabila memiliki nilai inputan yang berbeda, dengan kata lain, Gerbang Logika X-OR tidak akan menghasilkan output 1 apabila inputnya bernilai sama, baik sama-sama 0 ataupun sama-sama 1. Berbeda dengan OR yang menghasilkan output 1 apabila salah satu / semua inputan bernilai 1, dan memiliki output 0 apabila semua input bernilai 0.

Tabel Kebenaran Gerbang Logika X-OR
Input
Output
1
1
0
0
1
0
1
0
0
1
1
0

Gerbang Logika X-NOR
Gerbang Logika X-NOR atau Excecutive NOR merupakan Gerbang Logika kebalikan dari Gerbang Logika X-OR. Gerbang logika X-NOR akan menghasilkan output 1 apabila semua inputannya bernilai 1 atau semua inputannya bernilai 0 , dengan kata lain, Gerbang Logika X-NOR tidak akan menghasilkan output 1 apabila memiliki input yang berbeda.

Tabel Kebenaran Gerbang Logika X-OR
Input
Output
1
1
0
0
1
0
1
0
1
0
0
1

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.